Dampak negatif bahan kimia di dalam laboratorium

Berbagai jenis bahan kimia banyak di tambahkan ke dalam makanan dan produk – produk rumah tangga lainnya. Bahan kimia makanan adalah suatu bahan yang tidak memiliki nilai dan sengaja di tambahkan ke dalam olahan pangan dengan tujuan tertentu . Selain dalam makanan , bahan kimia juga dapat menimbulkan dampak negatif  bagi manusia . Macam – macam bahan kimia dalam kehidupan sehari – hari yang sering kita jumpai antara lain adalah sebagai berikut :
1.Bahan kimia dalam pembersih .
Para ibu rumah tangga banyak sekali yang menggunakan pembersih pakaian dengan menggunakan bahan detergen . Biasanya bahan kimia yang di gunakan dalam detergen adalah ABS ( alkil benzana sulfonat ) . Bahan aktif ABS dalam detergen sukar terurai oleh mikroorganisme sehingga dapat mengakibatkan pencemaran air tanah . Limbah detergen mengandung senyawa fosfat . Senyawa fosfat merupakan nutrisi bagi tumbuhan . Oleh karena itu jika limbah detergen telah masuk ke dalam  perairan , ganggang , dan eceng gondok akan tumbuh tidak terkendali . Maka akan mengakibatkan , permukaan air tertutup dan dapat mematikan hewan di air .
2.Bahan kimia dalam pemutih
Bahan pemutih sering kali di pakai pada pakaian . Bahan pemutih dapat di bedakan menjadi dua macam , yaitu pemutih pakaian dan pemutih kulit . Bahan kimia pemutih pakaian yang sering di gunakan adalah natrium hipoklorit ( NaClO ) . Bahan kimia jika sudah tercampur dengan detergen maka akan menghasilkan gas klorin yang jika terhirup akan dapat mengiritasi pada tenggrokan dan sistem pernapasan . Sementara itu , biasanya bahan kimia yang di gunakan dalam pemutih kulit adalah hidrokuinon dan tretinoin . Pemakaian hidrokuinon dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan dampak negatif yaitu munculnya benjolan kekuningan ( okronosis ) pada kulit  dan apabila jika termakan dapat menimbulkan keracunan dan kerusakan pada sel darah merah .
3. Bahan kimia dalam pewangi .
Bahan kimia yang di gunakan dalam pewangi pakaian adalah larutan hidroalkohol di campur dengan alkohol dengan konsentrasi 50 – 90 % dan juga senyawa ester . Jika senywa ini tertelan dapat mengakibatkan seseorang mengalami penekanan fungsi pada otak dan sering menimbulkan rasa kantuk .
4. Bahan kimia dalam pembasmi serangga .
Bahan pembasmi serangga biasanya banyak yang menggunakan bahan aktif propoksur , transflutrin , tiodan , basudin , basmion , dan permetrin . Dampak negatif akibat dari penggunaan bahan pembasmi serangga adalah sebagai berikut :
  1. Dapat mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan alam yang ada di sekitar kita .
  2. Bersifat racun bagi tumbuhan , hewan dan manusia .
  3. Pada penggunaan yang tidak benar dapat mengakibatkan kematian organisme yang sebenarnya bermanfaat bagi kehidupan manusia .
  4.  Dapat membuat hewan serangga menjadi lebih kebal terhadap insektisida tertentu .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumus-Rumus Senyawa Kimia

lambang-lambang peringatan di bahan kimia berbahaya

Pengaruh Bahan Kimia Terhadap Kesehatan